sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Tutorial

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» » Mengenal HTML Dasar


Oke... selamat malam para pengunjung, kali ini saya akan berbagi, buat kalian yang ingin bergelut di bidang Web Enginner atau mungkin cuma mau cari tugas kuliyah, ini adalah hal paling dasar yang perlu kalian ketahui, yaitu HTML, apa itu Html?? mari kita bahas...


  • Apa itu HTML?

HTML merupakan bahasa markup yang di gunakan untuk mendeskripsikan kerangka halaman web. Jadi bukan bahasa pemrograman melainkan hanya ingin memberi arti atau tanda pada text yang ada. Penguasaan HTML menjadi dasar untuk bisa merancang halaman website.

Sebagai blogger mengenal HTML akan sangat membantu aktivitas blogging seperti mempercantik tampilan blog, membuat template, apalagi jika blog anda ingin diisi artikel yang berisi potongan script koding.

Kode HTML yang membentuk sebuah halaman web dapat kita lihat dengan cara buka sebuah halaman web lalu klik kanan dan pilih lihat sumber laman pada chrome, atau jika browser anda Mozilla klik kanan lalu pilih view page source.

  • Tools Pendukung Belajar HTML

Saya lupa siapa yang bilang bahwa manusia adalah hewan dengan alat bantu karena tanpa itu dia tidak bisa apa apa. Sorry gak nyambung tapi kalau ada yang tahu itu quote dari siapa tolong tulis di kolom komentar, penasaran saya. Untuk mendukung proses belajar HTML dibutuhkan beberapa tools, kalau belum punya silakan googling dulu.

1.Web Browser

Web browser ini tugasnya menerjemahkan kode kode html yang disimpan di browser server untuk diteruskan ke komputer client(ya kita kita ini).
Dengan anda bisa membaca postingan ini berarti komputer atau smartphone anda sudah punya web browser.

logo Browser Mozillalogo Browser Chromelogo Browser Internet Explorer


Web browser yang digunakan di komputer penulis chrome, mozilla, uc browser. Saran aja kalau bisa browser gunakan yang terbaru agar script kode yang ditulis nantinya selalu bisa dipahami browser.



2. Text Editor

Text Editor berfungsi untuk menuliskan kode HTML. Ada banyak text editor dari yang canggih dan berbayar hingga yang canggih tapi ringan. Cuma yang pasti jangan pakai Notepad bawaan Windows karena sangat tidak memadai. Saya menggunakan Notepad++ v6.9.2 dan berita baiknya program ini gratis yang bisa diunduh di situs resminya https://notepad-plus-plus.org/.


logo resmi notepad++

Dari Pengalaman berikut Kelebihan Notepad++



  • Powerfull sekaligus ringan alias tidak memakai banyak memori di komputer
  • Fasilitas syntax highlighter
  • Mendukung banyak bahasa pemrograman
  • dan seterusnya anda akan menambahkannya jika mencoba.

  • Praktek Menulis Kode HTML

    Langkah #1 Menuliskan Kode Dasar

    Sekarang kita coba menuliskan kode HTML untuk pertama kali yang hasil akhirnya bolehlah disebut website. Meskipun sederhana ini namanya tetap website ... tapi yah sederhana sekali gitu :) Tuliskan kode di text editor favorit kita ----- Notepad++ ------. 

    cara menulis kode html


    Langkah #2 Menyimpan File

    Lalu beri nama Belajar HTML dasar.html seperti ditunjukkan oleh no.1, pada kolom save as pilih all files (no.2). Untuk ekstensi file yakni html atau htm sama saja browser tetap mengenal bahwa itu adalah ekstensi file jenis HTML. 


    cara menyimpan file HTML


    Langkah #3 Melihat hasilnya di browser

    Sekarang kita akan melihat tampilan kode HTML dasar dengan cara klik ganda nama file. Saya ucapkan selamat pada praktek koding anda karena website pertama anda sudah jadi tapi jika sama seperti gambar di bawah :-)


    membuat website pertama


    Keterangan Gambar:

    Perbandingan antara gambar kode HTML dengan tampilan HTML di web browser

    1. Cara Belajar HTML dasar merupakan Judul
    2. Merupakan URL (Uniform Resource Locator) yakni alamat laman di web
    3. Tampilan tag Heading
    4. Tampilan tag paragraf

    Demikian sharing tentang mengenal HTML dasar menggunakan notepad++
    Tutorial berikutnya tentang aturan dasar penulisan kode HTML.

    «
    Next
    Posting Lebih Baru
    »
    Previous
    Posting Lama

    Tidak ada komentar:

    Leave a Reply